Table of Content

Posts

Menilik Perjalanan Marie dalam Film Radioactive

film biografi, film biografi terbaik, biografi film

Saat mendengar kata ‘Radioactive’, pastinya akan terlintas sebuah istilah sains yang familiar, seperti sebuah zat yang berguna bagi perkembangan teknologi sains dunia.

Film Radioactive ini perdana tayang pada tahun 2019 di Toronto International Film Festival. Namun, di Indonesia film ini tayang di tahun 2021 karena terhalang oleh pandemi COVID-19, film ini akhirnya tayang pada platform digital streaming.

Film Radioactive ini berasal dari buku yang berjudul Radioactive: Marie & Pierre Curie: A Tale of Love and Fallout yang ditulis oleh Lauren Redniss.

Marie Sklodowska-Curie merupakan perempuan pertama yang mendapat penghargaan Nobel, satu-satunya orang yang meraih dua kali Penghargaan Nobel, dan juga satu–satunya orang yang mendapat Penghargaan Nobel dalam dua bidang sains yang berbeda. Marie kemudian menikah dengan Perrie Curie yang merupakan seorang ilmuwan hebat di masa itu, dan dikaruniai dua orang putri yang bernama Irene Curie dan Eve Curie. Kehidupan serta ambisinya dalam menemukan radioactivity memang menjadikan film ini lebih menarik untuk ditonton.

    Film ini disutradari oleh Marjani Satrapi, Rosamund Pike, aktris yang membintangi film drama thriller-komedi yang rilis di Netflix dengan judul ‘I Care A Lot’, yang dibintangi oleh Marie Sklodowska-Curie.

    Selain Rosamund, pemeran lain seperti Sam Riley, Simon Russell Beale, Anya Taylor-Joy, Sian Brooke, dan deretan dari pemain pendukung lainnya juga turut ambil bagian pada film ini.

Adegan yang Diiringi Kilas Balik dan Kilas Maju

    Dalam film ini, penonton akan disajikan pada perjalanan kehidupan seorang perempuan cerdas yang terlihat disajikan dengan cukup cepat, dari asal muasal ia mulai meniti karirnya, hingga kehidupan keluarganya.

    Pergolakan batin yang ia rasakan akibat dari masa lalu yang buruk pun turut menghadirkan beberapa adegan masa kecilnya yang juga mempengaruhi kehidupan masa kininya.

    Selain itu, film ini juga beberapa kali menampakkan dampak dan konsekuensi dari penemuan Marie pada masa yang akan datang. Perpindahan adegan ini yang membantu mendramatisir film dengan cara mempertontonkan tiga masa yang berbeda.

    Sayangnya, adegan kilas balik yang ditampilkan hanya sedikit, tidak terdapat kilas balik tentang latar belakang bagaimana akhirnya ia dapat memutuskan untuk menjadi seorang ilmuwan serta mengapa ia begitu tertarik dengan dunia sains.

    Hal inilah yang menjadi pertanyaan para penonton, apa motivasi terbesar dari Marie Curie hingga ia menjadi sangat ambisius terhadap dunia sains.

Ambisi yang akhirnya mengalahkan segalanya

    Sebagai seorang perempuan dengan ketertarikan yang besar terhadap dunia kimia dan fisika, Marie menjadi begitu ambisius terhadap mimpinya. Ia begitu bersemangat hingga ia tidak memikirkan kehidupannya sendiri.

   Dalam perjuangannya menjadi seorang ilmuwan dengan nama yang besar, ia juga banyak menghadapi halang rintangan seperti diskriminasi terhadap gendernya sebagai seorang perempuan dan rasnya sebagai orang Polandia, juga tentang kehidupan percintaannya, serta perannya sebagai seorang ibu.

    Namun, keseluruhan hal tersebut tidak mengganggunya sama sekali. Ia selalu terlihat fokus dengan apa yang sedang ia kerjakan tanpa harus mencampur adukkan masalah pribadinya. Bahkan, ketika ia didiskriminasi secara verbal oleh lelaki, bahkan hal itu tidak pernah mempengaruhi semangatnya untuk dapat melanjutkan penelitiannya. biografi film

Kesimpulan Film

    ‘Radioactive’ menjadi film biografi terbaik yang menarik perhatian para penonton karena bukan hanya menghadirkan sebuah kisah perjalanan seorang ilmuwan perempuan, tapi juga menyuguhkan bagaimana pola pikir feminisme yang terjadi pada abad ke 19, di mana seorang perempuan masih dianggap remeh oleh kaum laki-laki. rekomendasi film biografi

    Demikianlah ulasan tentang film Radioactive, meskipun begitu dalam film tersebut tetap memberikan inspirasi serta pengetahuan baru yang mungkin sebagian orang masih saja merasa asing dengan istilah sains tersebut.

Review berbagai jenis film dan drama dari berbagai genre

Post a Comment