Table of Content

Kamu Jurusan Hukum? Tonton Film Ini, Yuk!

                       

Kini sudah semakin banyak ragam tema film yang mulai bertebaran hadir untuk memuaskan hasrat para pencinta film. Baik dari film drama, komedi, thriller, hingga film hukum pun dapat dijumpai di bioskop maupun pada layanan streaming

Jika sudah bosan dengan tema  yang itu–itu saja, ada baiknya para penonton mulai menikmati film bergenre politik dan hukum. Selain tidak membosankan, film yang bertema hukum ini memberikan pelajaran berupa cara yang menarik dalam melakukan diplomasi, strategi negosiasi, dan penegakan hukum dalam menciptakan suatu keadilan.

Berikut ini kita akan membahas rekomendasi film yang bertema hukum. Apa aja, sih?

 

1.      V For Vendetta

V for Vendetta, film ini terinspirasi dari grafik novel yang berjudul sama dari karya Alan Moore. Film ini bercerita tentang seorang buronan bertopeng Vendetta yang kerap dipanggil V. Buronan tersebut memiliki niat untuk menjatuhkan kerajaan inggris yang dirasa sangat totaliter pada masa itu.

Film ini erat kaitannya dengan kelompok aktivis hacker anonymous yang ada di dunia nyata di mana memiliki simbol di topeng yang digunakan oleh V dalam film ini.

Tidak hanya itu, V for Vendetta berhasil untuk memberikan nuansa yang cukup menyeramkan pada scene dan unsur politik yang seimbang dalam di filmnya.

 

2.    Selma

                           

Selma merupakan sebuah film yang di dalamnya terkandung unsur politik dan sejarah karena menceritakan tentang perjuangan orang kulit hitam yang memiliki keinginan kesetaraan hidup di Amerika.

Berkisah tentang Martin Luther King Jr yang menyuarakan tentang keamanan melakukan pemilihan suara bagi kulit hitam di mana dilaksanakan dengan cara berjalan dari kota Selma hingga ke Montgomery, Alabama di tahun 1965.

 

3.    Lincoln

                          

Film ini menceritakan tentang presiden Amerika yang saat itu bernama Abraham Lincoln. Dirinya mengalami kesulitan dalam mengatasi konflik perang saudara yang ada di Amerika bersamaan dengan keputusannya dalam pemberian kebebasan bagi para budak.

 

Tak hanya itu, Abraham Lincoln juga mengalami pemberontakan dari para anggota parlemen Amerika yang tidak setuju dengan keputusan yang dia buat.

 

4.    Malcolm 

                            

Malcolm X merupakan sebuah film dokumenter biografi yang bercerita tentang perjalanan Malcolm X. Perjalanan yang dimulai dari awal kehidupannya sebagai seorang gangster hingga masuk penjara, bahkan sampai menjadi orang yang amat berpengaruh bagi anggota kulit hitam. Dalam film ini, Malcom X juga menjadi pemimpin dari Nation of Islam

Dalam film ini terkandung pesan moral yang sangat bermakna, yakni akan diberikan sebuah proses Malcolm X. Mulai dari kisah dirina memulai karir dari nol sampai menjadi orang paling berpengaruh di dunia.

 

5.    Erin Brockovich

 

Film ini bercerita mengenai Erin Brockovich, seorang single parent yang memiliki tiga orang anak. Erin Brockovich ini bekerja di kantor pengacara tanpa adanya gelar sarjana hukum atau pengalaman sedikit pun tentang hukum.

Lalu, pada suatu hari, dirinya memeriksa sebuah dokumen yang berisikan kasus perusahaan besar yang berkeinginan untuk membeli rumah penduduk. Dia kemudian menjumpai sebuah fakta bahwa perusahaan tersebut nyatanya melakukan pencemaran air pada tempat tinggal penduduk tersebut.

Erin akhirnya berkecimpung dalam kasus tersebut dan mengumpulkan bukti-bukti yang cukup untuk dapat menyelamatkan penduduk yang tinggal di area tersebut.

Demikianlah beberapa rekomendasi film bertemakan hukum yang dapat kamu tonton. Film–film tersebut secara tidak langsung mengajarkan bahwa kita harus senantiasa membela kebenaran dan menguak kejahatan.




Review berbagai jenis film dan drama dari berbagai genre

Posting Komentar